Fokus Pada Kekurangan Diri





Mengajak berbuat kebaikan dan saling menasehati adalah suatu kewajiban bagi kita, namun ada hal hal yang harus kita perhatikan yang terkadang kita lupa justru apa yang kita sampai kan maksud dan tujuan tidak bisa diterima oleh orang yang kita tuju.


Dalam menasehati dan mengajak berbuat baik,terkadang melampaui batas sehingga terkesan seperti tidak mengajak atau menasehati tapi justru yang ada malah menghakimi orang lain, sering kali kita memposisikan diri, bahwa diri kitalah yang paling benar dan orang lain salah.


Sudah menjadi fitrah manusia, termasuk kita bahwa tak ada manusia yang sempurna.dibalik sisi buruk seseorang pasti terselip begitu banyak kebaikan.begitu juga sebaliknya, dibalik sisi baik kita tersimpan begitu banyak keburukan dan kekurangan.

Sampaikanlah dengan cara yang baik, jika ada hal2 baik yang ingin kita tularkan pada orang lain, janganlah berfokus pada keburukannya saja, karena posisi kitapun sama, ada sisi baik dan ada sisi buruknya.

Alangkah baiknya kita fokus pada diri sendiri dulu, bercermin dan instrospeksi diri sebelum memberikan komentar negatif pada orang lain,sebelum menghakimi orang lain,sebelum menilai orang lain.memperbaiki diri sendiri,menata hati pikiran,ucapan dan perbuatan agar tak menyinggung pribadi dan perasaan orang lain.



********

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tak Mampu Berkata Baik, Diam Lebih Baik

Hanya Tentang Waktu

Ini hidup