Dengarlah Curhatku
Anda
pernah dicurhati sama seseorang...? baik itu teman, sahabat, kerabat,
tetangga atau siapa saja yang anda kenal dan dekat dengan anda, saya
yakin pasti pernah, selalu atau malah sering.Pernahkah anda merasa apa
yang sudah orang lain curhatkan pada anda menjadi bumerang ,karena tanpa
sadar apa yang sekiranya menjadi rahasia untuk anda simpan ,anda
keceplosan pada salah seorang tetangga atau teman yang bermulut ember,
sehingga menjadi bak virus yang menyebar kemana-mana dan anda mendapat
cap orang yang tidak bisa dipercaya.
Bagaimana
jika suatu ketika anda bercerita tentang masalah pribadi yang sedang
anda hadapi,sekedar untuk meluapkan rasa hati agar menjadi plong, akan
tetapi teman anda tidak dapat memegang rahasia dan menyebarkannya pada
orang lain, bagaimana perasaan anda..? tentunya pasti sedih,kecewa dan
marah.
Begitupun orang lain terhadap
anda,jika anda tidak dapat memegang kepercayaan dan amanah, Sejatinya
jika seseorang curhat pada kita entah itu masalah rumah tangga atau
apapun,dapat diartikan bahwa orang itu menaruh kepercayaan pada kita.
Berdasarkan pengalaman pribadi,
belajar dari pengalaman sehingga saya tidak begitu mudah untuk
mengumbar masalah pribadi pada orang lain , kecuali pada orang-orang
yang betul-betul dapat dipercaya seperti pasangan atau saudara, hal ini
disebabkan lebih karena kekecewaan saya pada seorang teman yang pernah
mengumbar masalah yang saya ceritakan padanya.sehingga kejadian itu
membuat saya untuk lebih bersikap hati-hati.
Begitu
juga sebaliknya ,jika ada beberapa sahabat dekat dan keluarga yang
sepertinya menaruh kepercayaan pada saya , Ada beberapa patokan yang
saya jadikan pegangan untuk menghadapi curhatan, sehingga apa yang sudah
mereka sampaikan ke saya tidak menjadi bumerang dikemudian hari ,
walaupun kadang-kadang disaat yang sama suasana hati saya sedang tidak
baik atau waktu yang tidak pas, tapi menurut saya menghargai orang lain
tidak ada salahnya kan...
* Berusaha untuk menanggapi dengan penuh perhatian
* Tidak memberikan komentar yang mencela atau menyalahkan
* Memberikan kata-kata penghiburan agar yang lagi curhat bisa tenang
*
Tidak memberikan nasehat atau advis , karena sesungguhnya kadang-kadang
orang yang lagi curhat hanya ingin didengarkan bukan untuk dinasehati
atau mencari solusi
* berusaha untuk selalu menjaga kepercayaan.
Dengan
berusaha untuk menjadi pendengar yang baik secara tidak lansung akan
mempererat persahabatan atau persaudaraan dan akan menambah rasa percaya
orang lain pada kita
Komentar
Posting Komentar