Dengarlah Curhatku




Anda pernah dicurhati sama seseorang...? baik itu teman, sahabat, kerabat, tetangga atau siapa saja yang anda kenal dan dekat dengan anda, saya yakin pasti pernah, selalu atau malah sering.Pernahkah anda merasa apa yang sudah orang lain curhatkan pada anda menjadi bumerang ,karena tanpa sadar apa yang sekiranya  menjadi rahasia untuk anda simpan ,anda keceplosan pada salah seorang tetangga atau teman yang bermulut ember, sehingga menjadi bak virus yang menyebar kemana-mana dan anda mendapat cap orang yang tidak bisa dipercaya.
Bagaimana jika suatu ketika anda bercerita tentang masalah pribadi yang sedang anda hadapi,sekedar untuk meluapkan rasa hati agar menjadi plong, akan tetapi teman anda tidak dapat memegang rahasia dan menyebarkannya pada orang lain, bagaimana perasaan anda..? tentunya pasti sedih,kecewa dan marah.
Begitupun orang lain terhadap anda,jika anda tidak dapat memegang kepercayaan dan amanah, Sejatinya jika seseorang curhat pada kita entah itu masalah rumah tangga atau apapun,dapat diartikan bahwa orang itu menaruh kepercayaan pada kita.

Berdasarkan pengalaman pribadi, belajar dari pengalaman sehingga saya tidak begitu mudah untuk mengumbar masalah pribadi pada orang lain , kecuali pada orang-orang yang betul-betul dapat dipercaya seperti pasangan atau saudara, hal ini disebabkan lebih karena kekecewaan saya pada  seorang teman yang pernah mengumbar masalah yang saya ceritakan padanya.sehingga kejadian itu membuat saya untuk lebih bersikap hati-hati.
Begitu juga sebaliknya ,jika ada beberapa sahabat dekat dan keluarga yang sepertinya menaruh kepercayaan pada saya , Ada beberapa patokan yang saya jadikan pegangan untuk menghadapi curhatan, sehingga apa yang sudah mereka sampaikan ke saya tidak menjadi bumerang dikemudian hari , walaupun kadang-kadang disaat yang sama suasana hati saya sedang tidak baik atau waktu yang tidak pas, tapi menurut saya menghargai orang lain tidak ada salahnya kan...

* Berusaha untuk menanggapi dengan penuh perhatian
* Tidak memberikan komentar yang mencela atau menyalahkan
* Memberikan kata-kata penghiburan agar yang lagi curhat bisa tenang
* Tidak memberikan nasehat atau advis , karena sesungguhnya kadang-kadang  orang yang lagi curhat hanya ingin didengarkan bukan untuk dinasehati atau mencari solusi
* berusaha untuk selalu menjaga kepercayaan.

Dengan berusaha untuk menjadi pendengar yang baik secara tidak lansung akan mempererat persahabatan atau persaudaraan dan akan menambah rasa percaya orang lain pada kita

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita Cinta Tiga Dara

Nongki-nongki Cantik

Mendidik Anak Tak Semudah Teori