Sehat Dengan Langkah Sederhana



Sehat adalah satu kata kunci bagi kita untuk menjalani berbagai aktifitas sehari-hari, nikmat sehat sungguh luar biasa. Bayangkan jika kita menderita satu penyakit atau terkena penyakit ringan semacam flu dan meriang saja kita sudah tidak bisa melakukan aktifitas apapun.
Ingat pepatah lama, "Didalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat".rasanya sampai kapanpun pepatah ini akan terus sinkron dengan kondisi kita. Sehat jiwa raga menjadi poin penting bagi kelangsungan hidup kita.
Sebenarnya  untuk selalu sehat tidaklah terlalu rumit, saya merasa sangat bersyukur di usia saat ini selalu diberikan kesehatan yang baik, ini adalah sesuatu yang sangat luar biasa, mengingat banyak teman atau kerabat dan tetangga yang bermasalah dengan kesehatan mereka.
Beberapa tips sederhana yang ingin saya bagikan melalui tulisan ini, mudah-mudahan bisa memberikan manfaat bagi kita semua :

1.Perhatikan Pola Istirahat

Istirahat yang cukup bukanlah satu omong kosong, jika kita kurang istirahat alarm tubuh pasti memberi tanda.Usahakan bisa tidur jangan sampai kurang dari 7 jam. Bisa tidur siang sebentar barang 15 sampai 20 menitan itu sudah cukup untuk mengembalikan kebugaran. Malam hari usahakan tidur jangan lewat jam 22 dan bangun disubuh hari, syukur-syukur bisa bangun sebelum subuh. Bangun pagi juga membuat tubuh menjadi lebih segar.

2 Aktif Bergerak

Apakah aktif bergerak itu kita harus menyediakan waktu khusus untuk berolah raga ?, bagi yang bisa dan sempat tentu tidak masalah. Tapi jujur kalau saya malas berolah raga, apalagi kalau harus pergi ke gym, malas dan tak punya anggaran untuk jadi member...Aktif bergerak bisa dilakukan dengan cara mengerjakan pekerjaan rumah tangga, berkebun, naik turun tangga bagi yang rumahnya bertingkat, atau jika letak kantor atau tempat kita belanja sehari-hari tidak terlalu jauh, lebih baik jalan kaki dari pada naik kendaraan. Buktikan manfaatnya sangat luar biasa.

3.Perhatikan Asupan

Makanan yang masuk ketubuh kita juga memegang peranan sangat penting, tidak hanya cukup saja tapi juga harus sehat dan seimbang. Pengalaman pribadi saya buah-buahan menjadi pilihan pokok setiap hari, buah apa saja...beruntung beberapa jenis buah tidak perlu membeli karena tanamannya ada dipekarangan. konsumsi protein, karbohidrat dll juga harus seimbang, jangan sampai kekurangan yang menyebabkan kita kurang gizi dan jangan berlebihan jika tak ingin berdampak pada berat badan yang menjadi sumber penyakit dalam tubuh. Makanan yang sehat dan enak tidak harus mahal, makanan mahal belum tentu sehat, kurangilah mengkonsumsi makanan yang berdampak buruk bila perlu hindarkan sama sekali, agar dikemudian hari kita tidak direpotkan dengan penyakit-penyakit yang disebabkan dari apa yang kita makan.

4. Sempurnakan

Rasanya tidak cukup cuma 3 poin diatas, rasa syukur mempunyai dampak besar bagi kesehatan. Dengan selalu memelihara rasa syukur dalam diri kita maka sikap positif yang muncul, akan mempersempit datangnya emosi negatif serta stress yang berlebihan.

*****

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tak Mampu Berkata Baik, Diam Lebih Baik

Hanya Tentang Waktu

Sensasi Cita Rasa Ikan Salai