Sensasi Cita Rasa Ikan Salai




Pindang Ikan salai Baung -- dokumen pribadi

Kepingin menu yang segar buat makan siang, apa ya? akhirnya setelah bongkar-bongkar nemu ikan salai baung, dibikin gulai pindang hhmm, dengan bumbu-bumbu pindang untuk kuah pindang ikan segar seperti biasanya yaitu lengkuas dan sereh dikeprek, bawang merah ,bawang putih secukupnya, sedikit cabe, seruas kunyit, seruas jahe dihaluskan. kemudian untuk rasa asam bisa memakai asam jawa atau asam kandis, dan bisa juga diganti perasan air jeruk.

Untuk tambahan, bisa dikasih cabe hijau dicemplungkan, irisan tomat, kemangi, irisan daun bawang dan beberapa iris nanas, bila suka bisa deh dikasih sedikit terasi.
Semua bumbu halus bersama sereh dan lengkuas direbus dengan air secukupnya hingga mendidih, baru dimasukkan potongan ikan salai dan assecories tambahannya, jangan lupa kadih garam dan gula secukupnya.

Walaupun judulnya juga pindang, pindang ikan salai juga tak kalah enak dengan pindang-pindang lainnya, tetapi tentu saja pindang salai mempunyai sensadi rasa yang beda. coba deh...

*****
Apa sih ikan salai?, bagi masyarakat sumsel, jambi, bengkulu,riau dll. Ikan salai sangat pamiliar. Ikan salai adalah ikan segar air tawar yang telah melalui proses pengasapan dalam beberapa waktu sampai kering, garing dan gurih.Jika telah melalui proses ini Ikan salai sudah bisa langsung dimakan sebagai lauk.Selain itu bisa diolah lagi dengan digoreng, dibikin gulai lemak (kuah santan bumbu kuning).
Bagi masyarakat yang tinggal disepanjang daerah aliran sungai musi, saat musim ikan atau biasa disebut ikan mudik.Ikan yang berlimpah dimanfaatkan secara ekonomis dengan dibuat ikan salai rumahan yang bisa dijual atau untuk konsumsi sendiri, dengan penyimpanan yang baik ikan salai ini awet tanpa bahan pengawet dan bebas jamuran.



Proses sederhana pembuatan ikan salai-- dokumen pribadi


Pada umumnya didaerah ini proses pembuatan Ikan salai dilakukan dengan cara sederhana. Ikan yang diolah harus ikan segar yang telah dibersihkan terlebih dulu dan digarami. Pembakaran dengan menggunakan kayu bakar. Ikan-ikan diletakkan agak jauh dari kayu bakar sebagai sumber asap. Ikan-ikan disusun di rak pengasapan, dibolak-balik sampai ikan matang, kering dan berwarna kecoklatan, proses sederhana ini membutuhkan waktu beberapa hari untuk hasil yang benar-benar maksimal.Walaupun pengolahannya dengan tehnik pengasapan sederhana, ikan salai mampu bertahan lama karena kandungan air didalam ikan akan keluar.

Ikan salai terkenal dengan kelezatannya, selain bisa langsung dimakan sebagai lauk, ikan salai juga mantap untuk di olah dengan berbagai variasi masakan, selain pindang tak kalah nikmat digoreng dan dicocol dengan sambal kecap, dimasak gulai lemak atau kuah santan bumbu kuning, disambal dll.
Rasa gurih dan aroma yang khas, merupakan satu sensasi nikmat untuk menambah selera makan.

Di Palembang harga ikan salai air tawar cukup bervariasi, lumayan mahal sih, saya tanya-tanya dipasar tradisional beberapa waktu lalu, untuk ikan salai selais dan ikan baung sungai dibandrol 250 ribu perkilo.Agak murah sedikit untuk ikan patin sungai, sedangkan untuk jenis-jenis ikan budidaya dan baung laut lebih murah lagi, bervariasi antara 70 ribu sampai 150 ribu. tapi jangan khawatir satu kilo ikan salai jumlahnya lumayan .

Walaupun harga ikan salai lumayan mahal, tetapi selalu dicari terutama jelang ramadhan dan buat oleh-oleh. Mungkin karena sensasi cita rasanya, gurih dan tahan lama makanya ikan salai tetap dicari.



*foto bawah : sumber Palembang tribun news
*****

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tak Mampu Berkata Baik, Diam Lebih Baik

Hanya Tentang Waktu